i think i've already deciding?

 Jakarta, 21 April 2022
10:24 AM

Hari Kamis, besok masih Jumat. Tanggal 21, 4 hari lagi berarti gajian, hehe. Agaknya emang sedikit lama nggak nulis ya.. maybe 2 hari? Padahal pengennya aku nulis setiap hari buat catetin setiap hal yang terjadi di hari itu. Kayaknya bakal rangkum dikit-dikit kalau aku masih inget —karena jujur kadang aku bener-bener sepelupa itu. Kayak kejadian hari ini, tiba-tiba aku di-slack sama orang people di kantor, diinfo bahwa absen aku kemarin kurang 1. Padahal biasanya aku gapernah lupa absen pagi dan pulang, tapi karena kemarin sore buka puasa di luar jadi kelupaan buat absen karena pas jam absen aku masih di jalan. Parahnya padahal aku sadar pas di jalan itu kalau aku belum absen dan kepikiran kayak "oke nanti sampai tempat aku bakal absen pulang" tapi yang ada malah kelupaan T.T —untung baru sekali, jadi masih dibantu sama orang people. Karena kalau absen kurang ya otomatis gaji kepotong karena payroll di kantor pakai sistem jadi otomatis kalkulasi dan transfernya.

Lanjut ke... bahas judul yang aku tulis.

Terkait kegalauan aku akhir-akhir ini antara switch career atau engga, I think aku sudah mulai ada pandangan untuk memutuskan jalanku. Aku nggak tau ya, ini juga masih agak-agak belum bulat banget gitu, haha. Aku kepikiran untuk tetap switch career but... not today. Aku rasa aku masih punya peluang untuk lanjut di profesi saat ini, karena tempo hari yang aku sempat berbagi insight sama beberapa orang. Baik dari yang punya pengalaman di bidang non IT sampai ke IT juga. Tapi yang banyak membantu sih memang yang backgroundnya sama ya, karena sedikit banyak pasti mereka lebih paham gimana posisinya punya profesi di bidang IT meskipun profesi secara spesifiknya nggak sama 100%.

Jujur, aku jadi lebih terbuka semenjak curhat sama Ridho —temen dari SMA aku yang sekarang juga sama-sama kerja jadi Backend Engineer meskipun kita sama-sama berangkat dari non IT kuliahnya. Ridho sempet saranin ke aku daripada lanjut ke PM dengan pengalamanku hari ini, baiknya pelan-pelan dulu aku switch aja ke analyst. Dia sih awalnya saranin Data Analyst ya, maksudnya yang ngodingnya nggak terlalu logical kayak backend, paling banyak juga query-query gitu (harusnya sih cuman aku juga belum tau banyak karena memang nggak cari tau sih, karena jujur aku agak males juga sih berhubungan sama data gitu, apalagi kalo udah ribuaaan~ hahaha).

Dari situ aku kepikiran untuk switch ke system analyst. Awalnya sih udah ada kepikiran untuk kesini sih, sebelum Ridho saranin untuk switch ke analyst, cuman ya memang aku belum cari tau lebih banyak tentang job ini. Akhirnya aku kontak temen kantor lama aku yang punya job as a system analyst dan nanya beberapa hal ke dia terkait kerjaannya. Kayak scopenya ngapain aja, harus ada skill apa aja kalau mau jadi system analyst dll. Dan akhirnya dia bilang kalau berangkat dari developer adalah nilai emas kalaupun mau switch ke SA, karena sebagai SA pun dituntut banyak research sebelum ngedesain sistem yang mau dibuat, jadi dengan berangkat dari background developer adalah sesuatu yang pas karena bisa menunjang kerjaannya nanti.

Bukannya mau menggampangkan salah satu posisi aja, tapi aku rasa dengan jadi SA adalah intensitasku dalam meng-coding bakal berkurang atau bahkan nggak perlu ngoding lagi. Terlebih juga di SA setidaknya aku bisa belajar ilmu managementnya juga, sebagai bekal buat lanjut jadi Project Manager.

To be honest, ini juga masih pandangan pribadiku aja sih, alias sebenernya aku juga nggak tau gimana pengimplementasian sebenarnya di dunia kerja. Tapi kalo aku lihat dari yang pernah langsung aku hadapi, di kantor lama aku ada PM namanya mba Lisa, dia juga berawal dari SA sih. Setahun jadi SA dilanjut dia untuk jadi PM. Aku nggak tau karena itu memang kebutuhan kantor atau gimana, tapi karena pada saat itu kantor masih start up banget dan baru umur 2 tahun, jadi aku rasa itu sebuah kebetulan aja juga. Jadi, sebenernya akupun juga belum yang yakin 100%.

Tapi yang aku yakinin sampai hari ini, sepertinya aku bakal lanjutin dulu profesiku hari ini setidaknya sampai 1 tahun ke depan. Aku rasa masih banyak hal yang mungkin bisa aku jadikan bekal untuk karirku nanti. Kalau memang nggak bisa jadi PM dengan berangkat dari developer —karena buat jadi associate developer aja udah susah, setidaknya aku bisa jadiin profesi SA buat jadi jembatanku bisa sampai ke posisi PM.

I know it maybe hard, I guess.. tapi yah we'll see.

Comments

Popular posts from this blog

pusing

yang sempet tertunda

another day, another overthinking